Mengenal Manfaat Diamond Lite 20 Propolis

Mengenal Manfaat Diamond Lite 20 Propolis

Apikultur adalah ilmu beternak lebah yang produknya bisa digunakan untuk mempertahankan, memperpanjang, dan menjaga kesehatan. Produk-produk yang diperoleh dari sarang lebah diantaranya adalah madu, lilin atau malam, pollen, royal jelly, hingga propolis. Berbagai produk lebah tersebut di era modern ini banyak digunakan dan diterapkan pada berbagai macam pengobatan, mulai dari yang sifatnya tradisional hingga pengobatan modern. Dari sekian banyak produk yang dihasilkan oleh lebah, propolis adalah salah satu yang dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan disamping madu dan royal jelly. Sejumlah manfaatnya antara lain, bisa membantu menghambat pertumbuhan mikroba, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kesehatan dan kecerahan kulit, menjaga kulit awet muda dan tetap kencang, mengatasi gangguan pencernaan, mencegah kanker dan tumor, mengatasi sakit tenggorokan, alergi, dermatologis, masalah genealogis, bisa melindungi kesehatan reproduksi, mengatasi gangguan neurodegeneratif, hingga mencegah kanker. Disamping berbagai manfaat tersebut tentu saja masih ada banyak khasiat lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi atau menggunakan propolis sebagai obat luar.

Saat ini, semakin banyak penelitian yang menyelidiki manfaat propolis, khususnya untuk kesehatan yang sifatnya farmakologis untuk menghasilkan makanan fungsional dan nutraceutical yang dapat membantu menjaga kesehatan fisiologis dan psikologis disamping untuk memelihara kesehatan, mengurangi penyakit kronis, serta untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bagaimana Propolis Tercipta?

Seperti yang telah diungkapkan di bagian atas, madu bukanlah satu-satunya produk yang dihasilkan oleh lebah. Lebah juga menghasilkan senyawa (zat resin) yang disebut propolis atau lem lebah, yang berasal dari kombinasi antara getah dari berbagai macam pohon atau tunas-tunas daun, air liur lebah serta lilin lebah yang dikenal dengan istilah beeswax. Kombinasi tersebut akan menghasilkan propolis yang berwarna coklat kehijauan. Lebah menggunakan propolis untuk menambal lubang-lubang kecil berdiameter sekitar 6 mm pada sarang mereka. Sedangkan lubang yang lebih besar biasanya akan ditambal dengan menggunakan malam lebah atau beeswax.

Tidak hanya berwarna coklat kehijauan, propolis juga hadir dalam berbagai warna lainnya, tergantung pada sumber getah tumbuhan yang digunakan oleh lebah. Pada suhu ruangan atau pada suhu diatas 20° Celcius, propolis akan bersifat lengket. Namun jika suhu lebih rendah dari 20° C, biasanya propolis tersebut akan mengeras dan menjadi rapuh.

Komposisi Kimiawi pada Propolis Lebah

Telah dijelaskan di bagian atas bahwa propolis yang dihasilkan oleh lebah sangat bergantung pada jenis tumbuhan yang akan diambil getahnya oleh lebah. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila di setiap daerah atau di setiap negara akan menghasilkan jenis dan kualitas propolis yang berbeda-beda pula. Begitu juga dengan komposisi kimiawi yang terdapat di dalamnya. Sekalipun terdapat banyak persamaan, namun terdapat juga beberapa perbedaan komposisi kimiawi. Walaupun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan tapi cukup bervariasi, tergantung dari mana lebah mendapatkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk menghasilkan propolis.

Propolis sendiri sudah dikenal sejak zaman dahulu dan telah digunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Bangsa Mesir kuno misalnya, mereka kerap menggunakannya untuk mengawetkan mumi. Sedangkan di Yunani, sering digunakan untuk mengobati luka yang bengkak dan bernanah pada kulit. Bangsa Assyria memanfaatkan produk sampingan lebah ini untuk luka dan juga tumor agar lebih cepat sembuh serta digunakan juga untuk mengurangi indeksi.

Berbagai kemampuan propolis tersebut tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Setidaknya, terdapat sekitar 300 senyawa di dalam propolis yang sebagian besarnya berbentuk polifenol, yaitu sejenis zat antioksidan yang bisa membantu mengatasi radikal bebas penyebab berbagai penyakit dan kerusakan di tubuh kita. Disamping itu, senyawa-senyawa lain seperti anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, hingga anti-peradangan atau anti-inflamasi juga dijumpai di dalam propolis.

Propolis Diamond Lite 20

Karena setiap daerah atau setiap negara dapat menghasilkan propolis yang berbeda-beda, tergantung dari lingkungan dan sumber getah yang dapat diubah menjadi propolis oleh lebah, maka kualitasnya pun jadi bermacam-macam.

Berdasarkan penelitian, di dunia ini terdapat lebih dari 8 juta jenis serangga. Namun, hanya lebah yang memiliki zat imunitas, yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur, hingga anti-virus dan anti polutan. Sehingga tak mengherankan apabila lebah disebutkan di dalam kitab suci umat Islam (Al-Quran) sebagai salah satu hewan yang bisa memberikan banyak manfaat. Terutama, sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Sesuai dengan yang tertuang pada surah An-Nahl Ayat 68 dan 69.

Setelah melalui proses penelitian yang panjang (melibatkan uji laboratorium dan literatur ilmiah), PT. Maisya Makmur yang memproduksi Propolis Diamond Lite 20 memutuskan untuk menggunakan propolis yang dihasilkan oleh lebah di negara New Zealand (Selandia Baru).

Sejumlah alasan mengapa propolis lebah dari New Zealand dipilih diantaranya adalah, karena lingkungan alam di negara ini relatif bagus dan tingkat polusinya sangat rendah. Sehingga tak mengherankan apabila propolis yang dihasilkan oleh lebah di Selandia Baru memiliki kualitas yang sangat bagus. Sehingga, apabila dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ataupun untuk mengobati berbagai macam penyakit, kemampuannya bisa lebih maksimal.

Manfaat Propolis Diamond Lite 20

Secara khusus, propolis mengandung polifenol yang disebut flavonoid. Flavonoid banyak ditemukan pada tanaman dan digunakan oleh tumbuhan sebagai pelindung dirinya. Polifenol sendiri banyak dijumpai pada makanan dan minuman yang memiliki sifat antioksidan seperti: 

  • Buah-buahan 
  • Sayur-sayuran 
  • Teh hijau, hingga 
  • Anggur (merah) 
  • Manfaat propolis menurut penelitian diantaranya adalah: 
  • Dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati luka dan infeksi

Di dalam propolis, terkandung senyawa khusus yang disebut pinocembrin, yaitu flavonoid yang yang bisa bertindak sebagai anti-jamur. Adanya sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba pada propolis merupakan alasan mengapa produk ini banyak digunakan untuk membantu menyembuhkan luka.

Dalam studi lain ditemukan bahwa, propolis bisa membantu meringankan efek luka bakar dan membuatnya sembuh lebih cepat. Karena, di dalam propolis terkandung zat-zat yang dapat mempercepat proses pertumbuhan sel baru.

Penelitian lain telah membuktikan bahwa ekstrak propolis lebih efektif daripada krim steroid untuk mengurangi sel mast (mast cell) yang dikenal juga dengan istilah mastosit atau sel biang. Sel mast kerap ditemukan pada luka bekas operasi. Mast cells sendiri dapat menyebabkan peradangan dan menghambat penyembuhan luka.

Bisa digunakan untuk mengobati kanker tertentu

Menurut penelitian lain, efek anti-kanker juga terdapat pada propolis sehingga tidak mengherankan apabila produk seperti Propolis Diamond Lite 20 banyak diburu karena manfaatnya tersebut. Kandungan anti kanker pada anti-kanker dapat membantu:

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Mengurangi kemungkinan sel menjadi kanker, serta

Berkhasiat untuk memblokir jalur yang digunakan oleh sel kanker untuk berkomunikasi (mengirim signal) satu sama lain

Manfaat-manfaat lain dari propolis 

Selain 2 manfaat di atas, Propolis Diamond Lite 20 juga bisa digunakan untuk:

  • Mengobati luka akibat herpes genital 
  • Meningkatkan sistem imun tubuh 
  • Berfungsi sebagai antibiotik alami 
  • Sumber vitamin dan asam amino 
  • Mengatasi masalah kulit kepala hingga masalah rambut termasuk ketombe
  • Obat pilek dan flu
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mempertahankan kesehatan seksual (mencegah impotensi)
  • Bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur 
  • Memperhalus dan mengencangkan kulit
  • Menjaga wajah awet muda
  • Berkhasiat untuk mengobati cacar, eksim, panu, kadas, hingga kurap 
  • Dll

Dimana Beli Propolis Diamond Lite 20 Asli?

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk unggulan dari PT. Maisya Makmur yang telah mengantongi izin BPOM (POM TR 143 676 691) dan sertifikasi halal MUI (00130093350119) ini, selain bisa dibeli secara online, Anda juga bisa menjumpainya di toko obat terdekat, khususnya di Apotek Kimia Farma.

Propolis Diamond Lite 20 asli tentu akan lebih mudah Anda jumpai jika membeli di apotek Kimia Farma terdekat yang ada di kota tempat Anda tinggal.

Apakah Propolis Diamond Lite 20 aman dikonsumsi? Produk ini sepenuhnya aman dikonsumsi (sesuai anjuran) dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Obat alami serbaguna ini boleh dikonsumsi dan digunakan sebagai obat luar oleh anak-anak maupun orang dewasa (pria dan wanita). Namun ingat! hindari memberikan propolis kepada orang yang alergi terhadap lebah dan produk lebah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.