Mengenal Khasiat propolis untuk Kesehatan di Era Modern

Mengenal Khasiat propolis untuk Kesehatan di Era Modern

Mengenal Khasiat propolis untuk Kesehatan di Era Modern

Menjaga kesehatan di era modern ini terkesan sulit dan tricky. Betapa tidak, kemunculan berbagai teknologi baru membuat tubuh kita semakin jarang bergerak. Alat transportasi seperti kendaraan bermotor serta gadget, adalah contoh teknologi yang memanjakan kita di era modern. Disamping itu, banyak sekali makanan alami yang dianggap sehat seperti sayur dan buah-buahan yang ternyata menyimpan kandungan berbahaya berupa pestisida, yang dipercaya dapat menyebabkan kanker.

Itulah mengapa kami mengatakan bahwa, menjaga kesehatan di era modern ini terkesan sulit dan tricky. Memang benar, kita tetap bisa aktif bergerak sekalipun didukung berbagai macam teknologi. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa, teknologi yang ada membuat banyak orang terlena sehingga mereka tidak lagi aktif bergerak.

Sedikit bergerak disebut dengan gaya hidup sedentari. Ini adalah perilaku manusia yang jarang melakukan gerakan fisik atau minim aktivitas. Bukan tanpa konsekuensi, jarang bergerak menurut badan kesehatan dunia WHO adalah 1 dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia.

Sejumlah resiko yang dapat diakibatkan oleh jarang bergerak diantaranya adalah: dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, mengurangi kemampuan berkonsentrasi, menyebabkan gangguan fungsi kognitif, dapat mengakibatkan resistensi insulin, dan memicu osteoporosis dan mengakibatkan kepadatan tulang berkurang.

Lalu, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit di era modern ini, atau paling tidak mengurangi bahaya yang diakibatkan oleh minimnya aktivitas fisik yang kita lakukan setiap hari?

Mengenal khasiat propolis untuk kesehatan

Dari sekian banyak produk kesehatan alami yang sangat baik apabila digunakan untuk memelihara kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya adalah propolis. Bagi Anda yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan propolis, Anda bisa membaca ulasan singkat di bawah ini.

Apa itu propolis?

Propolis dianggap sebagai obat herbal atau produk kesehatan alami yang memiliki banyak khasiat atau keunggulan karena kandungannya yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan zat-zat penting lainnya yang baik untuk kesehatan.

Propolis merupakan produk sampingan lebah-pekerja yang didapatkan dari getah (resin) dan bagian-bagian tertentu dari tumbuh-tumbuhan. Lebah sendiri menghasilkan propolis untuk menambal lubang-lubang pada sarang mereka agar tidak terpapar bakteri atau mikroba berbahaya, termasuk jamur dan berbagai macam penyakit.

Propolis adalah produk lebah yang cukup langka karena, lebah tidak banyak membuat propolis. Dari 200.000 lebah hanya 20 gram propolis yang dapat dihasilkan setiap tahunnya.

Kandungan propolis

Bukti bahwa propolis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tidak lepas dari kandungannya yang sangat kaya. Mulai dari kandungan vitamin yang terdiri atas vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, serta vitamin H. Di samping vitamin, di dalam propolis juga terkandung unsur mineral berupa:

  • Zat besi
  • Zinc atau seng
  • Kalsium
  • Copper
  • Chrome
  • Mangan
  • Vanadium, hingga
  • Silisium

Propolis juga memiliki sifat antibiotik alami yang sangat kuat dan dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Sifat anti-biotik ini diperoleh karena di dalam propolis terkandung asam amino esensial serta enzim bioflavonoid.

Beli PropolisKU di Apotik Kimia Farma

Mencari dan mendapatkan propolis sendiri tentu saja tidak mudah. Hanya mereka yang ahli yang bisa mengumpulkan propolis dari sarang lebah. Disamping itu, tidak semua propolis di dunia ini memiliki kualitas yang sama. Karena mendapatkannya bukanlah pekerjaan mudah, maka satu-satunya jalan bagi kita untuk memperoleh propolis adalah dengan membeli.

Apotek Kimia Farma ataupun toko online merupakan contoh tempat dimana Anda bisa mencari dan membeli produk propolis. Salah satu contohnya adalah PropolisKU yang diproduksi oleh PT Maisya Makmur.

Keunggulan atau kelebihan PropolisKU di antaranya adalah berkhasiat, aman dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM, halal, bebas dari antibiotik pabrikan, kandungan antioksidan yang sangat tinggi, kualitasnya terjamin, serta diproses dengan mesin modern.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan propolis, apa saja kandungannya, dan contoh produk yang dapat Anda beli di toko Kimia Farma terdekat, selanjutnya Anda bisa mengetahui berbagai khasiat propolis untuk kesehatan dengan membaca beberapa poin di bawah ini.

Propolis bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Seperti yang telah diungkapkan di atas, salah satu efek akibat jarang bergerak adalah, kepadatan tulang di tubuh kita berkurang sehingga menjadi rapuh dan rentan terkena osteoporosis.

Untuk mencegahnya, selain dituntut untuk rajin berolahraga dan bergerak serta angkat beban, kita juga dituntut untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan menjaga kepadatannya. 

Selain susu, propolis adalah produk kesehatan yang sangat baik apabila dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta memperkuat tulang. Pasalnya, komponen aktif di dalam propolis yang mengandung resin, beeswax, serbuk sari kurma minyak atsiri, asam, gula, hingga vitamin dapat membantu pembentukan tulang baru.

Jadi, selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, produk seperti PropolisKU juga bisa diandalkan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan tulang akibat cedera seperti patah atau retak.

Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menelan korban jiwa di era modern ini. Penyebab kanker sendiri sangat beragam. Mulai dari pestisida pada buah-buahan dan sayuran, hingga berbagai peralatan makan dan minum yang kita gunakan sehari-hari, terutama yang terbuat dari bahan plastik.

Menurut penelitian, di dalam propolis terkandung zat yang memiliki sifat anti-kanker. Zat ini bekerja melawan kanker pada sel dengan cara mencegah kanker tersebut membuat pembuluh darah baru sehingga, sel kanker akan mati karena kekurangan oksigen.

Dapat digunakan sebagai obat luka

Luka terbuka akibat tergores ataupun luka bakar dapat diobati agar lebih cepat sembuh dengan menggunakan propolis. Propolis memungkinkan luka lebih cepat sembuh karena suplementasi propolis akan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru, mempertahankan aktivitas kolagen, melindungi sel dari kerusakan, serta akan mengaktifkan gen antioksidan glutathione.

Dapat mengurangi gejala dan mengatasi alergi

Sel mast yang terlalu aktif dan pelepasan histamin yang terlalu banyak adalah penyebab utama reaksi alergi, termasuk alergi musiman, eksim, dan juga penyakit asma. Kabar baiknya, dalam sebuah penelitian, kandungan flavonoid kuersetin yang terdapat pada propolis bisa membantu memblokir pelepasan histamin dan menghilangkan gejala alergi sinus.

Peringatan! propolis tidak boleh digunakan oleh mereka yang alergi pada lebah dan berbagai produk lebah.

Bisa membantu menurunkan tekanan darah

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa propolis berhasiat untuk menurunkan tekanan darah, baik sistolik dan diastolik apabila diminum dua kali sehari selama 3 bulan.

Propolis bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cara memblokir enzim seperti tirosin hidroksilase (penyebab tekanan darah tinggi). Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, propolis juga dapat membantu mencegah kerusakan jantung.

Bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka ulkus diabetes

Seperti yang kita tahu bersama, kadar gula darah yang tinggi adalah masalah bagi para penderita diabetes tipe dua. Di samping kadar gula darah tinggi, luka yang sulit sembuh juga merupakan masalah lain yang kerap dihadapi oleh para penderita diabetes. Bahkan tak jarang mereka harus mengalami amputasi akibat luka yang tak kunjung sembuh.

Dengan memanfaatkan propolis, penderita diabetes tipe 2 dapat mengambil sejumlah manfaat, terutama untuk mengontrol gula darah dan untuk mempercepat proses penyembuhan luka seperti ulkus. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, propolis dapat dijadikan sebagai obat luar untuk mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus mencegah luka tersebut mengalami infeksi.

Menjaga kesehatan mulut dan gusi serta gigi

Berkumur-kumur dengan air yang mengandung propolis bisa membantu mengurangi bakteri jahat pada mulut dan mengurangi penumpukan plak. Disamping itu, membiasakan diri berkumur-kumur dengan menggunakan propolis juga dapat mencegah gigi berlubang serta penyakit gusi, sekaligus mempertahankan mikrobiota oral yang bermanfaat.

Sebagai buktinya, 6500 tahun yang lalu, di Slovenia masyarakat zaman dahulu menggunakan propolis untuk menambal gigi. Ini membuktikan bahwa propolis dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mulut. Dan di era modern ini, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa propolis merupakan obat alami yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mulut sekaligus melindungi dan mengurangi kerusakan pada lapisan mulut akibat kemoterapi ataupun radioterapi.

Mencegah infeksi akibat bakteri, virus, dan juga jamur

Lebah memproduksi propolis untuk menambal sekaligus melindungi sarang mereka dari serangan bakteri dan juga parasit berbahaya. Hal yang sama juga berlaku apabila produk ini digunakan untuk mengobati berbagai macam luka. Mulai dari luka terbuka akibat tergores, luka terbakar, sariawan, ataupun radang tenggorokan.

Menurut penelitian, propolis apabila digunakan akan langsung menyerang mikroba dengan cara mematikan kemampuan mikroba tersebut membelah diri dan tumbuh. Karena itulah, propolis dapat digunakan sebagai obat luka obat untuk mengatasi luka bakar sariawan, serta untuk menjaga kesehatan mulut.

Tidak hanya infeksi akibat bakteri dan virus propolis juga dapat diandalkan untuk mencegah infeksi akibat jamur seperti jamur candida.

Khasiat propolis lainnya

Disamping beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada sejumlah khasiat lainnya yang bisa diperoleh dari produk lebah ini, seperti misalnya:

Menjaga dan meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam propolis sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit. 

PropolisKU adalah contoh produk yang sebaiknya Anda sediakan di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga, termasuk saat musim hujan tiba ketika virus flu banyak menyerang.

Memiliki sifat antioksidan

Antioksidan sangat kita butuhkan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kanker, kulit kusam dan penuaan dini, radang sendi, penyakit jantung, stroke, aterosklerosis, hipertensi, tukak lambung, penyakit parkinson, hingga penyakit alzheimer.

Untuk mencegah bahaya akibat radikal bebas, dibutuhkan antioksidan yang mampu melawannya. Selain bisa didapatkan dari berbagai macam makanan yang mengandung antioksidan (seperti brokoli, tomat, buah berry, dan berbagai jenis sayuran), antioksidan ini juga bisa diperoleh secara instant dari propolis.

Itulah sejumlah khasiat propolis untuk kesehatan yang bisa Anda manfaatkan di era modern ini untuk memelihara kesehatan sekaligus mencegah berbagai macam penyakit. Untuk menyediakan PropolisKU di rumah, Anda bisa segera membelinya di toko Kimia Farma terdekat atau membelinya secara online di website ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.